oleh

Sepi Peziarah, Omzet Pedagang di Kawasan Religi Sunan Ampel Menurun Drastis

Surabaya, Akuratnews.com – Wabah virus Corona atau yang juga dikenal dengan Covid-19, berdampak pada penutupan tempat – tempat yang berpotensi menjadi pusat keramaian, termasuk Wisata Religi  Sunan Ampel Surabaya, yang ditutup sejak Selasa (24/03/20) kemarin.

Meskipun penutupan baru secara resmi dilakukan oleh Pengurus Masjid pada hari Selasa kemarin, namun para pedagang yang berada di kawasan tersebut, sudah mengeluhkan adanya penurunan omzet yang cukup drastis sejak seminggu lalu. Hal tersebut disebabkan oleh menurunnya intensitas peziarah di makam salah satu Wali Songo tersebut.

Bahkan  menurut Hasan, salah satu pedagang busana Muslim, sebelum adanya corona, tiap hari ia melayani setidaknya 20 orang pembeli di tokonya.

“Rombongan sudah sepi dan parkiran bus juga sudah tutup, hari ini hanya 3 pembeli, padahal sebelum ada corona, tiap hari pembeli sekitar 20 keatas, omzetnya paling sedikit 1 juta. Tapi sekarang, dari pagi sampai jam 11 malam hanya 200 sampai 300 ribu saja,” ungkap Hasan, saat ditemui di tokonya. Rabu (25/03/20).

Hal senada juga dilontarkan oleh Anshori, penjual tasbih keliling ini, juga merasakan dampak yang sama dengan pedagang lainnya.

” Biasanya kalau keliling di sekitar sini ( Wisata Religi Sunan Ampel) bisa laku 10-15 per hari, tapi sekarang sejak ada virus corona, tidak lebih dari 5. Apalagi hari ini, belum laku sama sekali, karena sepi peziarah,” keluhnya. (Moris)

Komentar

News Feed