oleh

Pemkot Surabaya Abaikan Situs Bersejarah Radio Penyampaian Pergerakan Bung Tomo

Surabaya, Akuratnewa.com– Sebagai kota Metropolitan yang mempunyai banyak taman kota untuk memanjakan masyarakatnya, Surabaya juga memiliki bangunan bersejarah yang layak ditetapkan sebagai cagar budaya.

Salah satu bangunan yang menjadi ikon pergerakan Arek Suroboyo dalam perlawanan kedudukan penjajah, adalah Radio Bekupon, tempat Bung Tomo berorasi guna menyemangati perjuangan.

Radio Bekupon yang terletak di Jl Kombes M Duryat, Surabaya, dan mempunyai peran besar menuju kemerdekaan Bangsa, terkesan diabaikan oleh pemerintah kota dengan tanpa perawatan.

Diera kemajuan zaman, bangunan bersejarah yang sebelumnya terletak di taman, saat ini tergilas oleh penataan kota yang harus membuka jalur putar arus kendaraan dan memaksa bangunan Radio Bekupon tersebut berada tepat berdiri di tepi jalan beraspal tanpa diberi pagar pelindung.

Pemerhati sejarah TP Wijoyo saat dihubungi melalui selulernya menyampaikan keprihatinannya terhadap radio bekupon yang menurutnya layak ditetapkan sebagai cagar budaya. “Radio bekupon itu dulu posisinya di taman mas, karena dibuat putar balikan ya jadinya begitu,” terangnya, Kamis (20/03/2020).

Lulusan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang hobby memainkan gitar ini pun sebenarnya sudah sering memposting keresahannya tersebut di media sosial agar menjadi perhatian pemerintah, “Hanya posting di medsos aja mas, belum komunikasi sama dinas,” tambahnya.

“Harusnya ditempatkan yang selayaknya, diberi penutup atap dan diberi history board agar masyarakat tau dan peduli akan peninggalan tersebut,” pungkas Wijoyo.

Sementara Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surabaya saat dikonfirmasi melalui ponselnya, enggan merespon meski terdengar nada tersambung. Begitu juga saat dikirimi pesan singkat juga tidak membalas.

Perlu diketahui, sebutan Radio Pekupon sendiri diambil dari nama kandang burung merpati, yang mana Studionya pada zamannya terletak di kawasan Jl Embong Malang tersebut, menempatkan beberapa Radio diberbagai sudut kota, dengan tujuan agar masyarakat dapat mendengar berita yang disiarkan. (hendrik)

Komentar

News Feed