Ini Kata Psikolog Unair Soal WNA Belgia Pencuri Sosis

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi

Surabaya, Akuratnews.com – Warga negara Asing (WNA) Belgia, Dirk Gibols, juru masak Hotel Double Three Hilton di Jl Tunjungan no 12, mendapat tanggapan dari Psikolog.

Margaretha Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mengatakan, bahwa perilaku mengutil (Mencuri) dengan berulang dan sadar melakukan pelanggaran mempunyai gangguanpsikologis Kleptomania.

“Kalau perilaku mengutil ini sudah berulang, dan pelaku sadar melakukan pelanggaran, tapi pelaku tetap merasa sulit mengendalikan, mungkin bisa dijelaskan sebagai gangguan psikologis Kleptomania,” terang Margaretha.

Margaretha menerangkan lebih lanjut, Kleptomania adalah gangguan psikologis dimana individu kesulitan mengendalikan dirinya atas dorongan mencuri.

” Tapi tentu saja, dalam kasus ini belum bisa dipastikan dulu, harus dilakukan pemeriksaan psikologis menyeluruh untuk memeriksa riwayat perilaku, kepribadian, emosi dan kendali diri pelakunya,” tambah Dosen Dosen di Departemen Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dirk Gibols warga negara Asing (WNA) asal Belgia, yang mencuri sosis di Mini market Jl Walikota Mustajab,Jum’at (19/6/2020), merupakan juru masak (Chef) di Hotel Double Three Hilton, Jl Tunjungan no 12, Surabaya.

Dirk Gibols sempat diamuk oleh pengunjung mini market yang belanja tempatnya mencuri, setelah Imam Syafi’i salah satu karyawan yang curiga dan melakukan penggeledahan menemukan tiga bungkus sosis disaku celananya.

Setelah berhasil diamankan oleh Sat Sabhara Polrestabes Surabaya, kasus tersebut kini dilimpahkan pada Unit Resmob Sat Reskrim. (Rofik)

Pos terkait