oleh

Denny JA dan Gerakan Terbarunya

Akuratnews.com – Sabtu minggu lalu, Saya ke LSI untuk bertemu salah satu direkturnya guna membahas PILKADA daerah Lombok. Tidak ada janji bertemu dengan Denny JA sama sekali dan tidak terpikirkan akan bertemu dengannya juga.

Namun kadang takdir Tuhan bergerak sesuai kebaikan yang ia rencanakan bagi hambaNya. Ditengah meeting santai dengan Direktur LSI tersebut, Denny JA datang. Ternyata sabtu itupun ia memiliki janji bertemu dengan beberapa kawan di LSI. Sungguh suatu kebetulan yang menyenangkan.

Akhirnya saya duduk semeja dengan beliau, kembali bercengkerama tentang kisah anak yatim yang mengharu biru dan beberapa perjalanan kami di tahun lalu. Saya mendapati ia tak berubah, cintanya pada kemanusiaan dan kepeduliannya terhadap peradaban masih tetap sama. Ia terus menggeliat dengan banyak ide dan pemikiran. Ia banyak berkisah tentang riset dan intuisi. Sore itu di LSI, saya melihat sosok Denny yang sangat santun dan peduli.

Melihat itu entah mengapa saya ‘nyeplos’ bilang padanya ” pak saya bikinin channel aja yah. untuk semua ide bapak ini” entah mengapa, saya tak rela jika ia hanya bercerita pada saya dan beberapa kawan di meja itu (meskipun mungkin sebelumnya juga telah banyak kawan lain yang mendengar hal sama darinya ). saya ingin semua orang mengetahui, semua orang turut mendengar dan menjadi anggota diskusi di meja itu.

Saat kemudian kami secara intuitif dan untungnya hari itu membawa alat perekam video melakukan rekaman, saya melihat bagaimana ide tersebut fokus pada kebaikan khalayak ramai. Bagaimana sebuah ide untuk bisa membuat orang diluar sana dapat membaca buku dari gerakannya secara gratis, tanpa biaya.

Ya, Denny JA tengah mencanangkan Gerakan baru. Saya serius mengatakan, ialah sosok yang turut bergeliat dalam peradaban khususnya di Indonesia. Selain peradaban Politik, ia bergerak pada masyarakat dan kemanusiaan. Sosial dan ruang publik turut ia sentuh. Maka jika kemudian saya katakan bahwa Denny JA memang memiliki rekam jejak sejarah pada peradaban, saya tak ingin mendustainya.

GERAKAN CINTA BUKU dengan Jargon “Semua serba buku” adalah sebuah gerakan yang ia gawangi dengan membuat sebuah perpustakaan online berisikan begitu beragam buku didalamnya dan begitu banyak kegiatan berkualitas di kegiatannya. Tentu saja, ia tak mengambil keuntungan rupiah disini karna semuanya bisa didapat dan diakses dengan GRATIS. Tak dipungut biaya.

Alasannya? sebab ia risau dengan ironi yang ada saat ini, dimana di puncak revolusi informasi, justru orang semakin jauh dari membaca buku. sementara, kita semua tau bahwa buku adalah ibu kandung dari peradaban. Lalu ia mau berepot-repot untuk mengumpulkan begitu banyak buku, membuat PDF nya, dengan diakhir bisa di download dengan gratis oleh siapapun. Tak hanya itu, Gerakan Cinta Buku bahkan ia seriusi dengan penuh harapan, bahwa ini semua bisa menjadi wadah komunitas para pecinta buku. Sungguh sebuah komunitas yang saya sudah bisa membayangkan akan berisi orang-orang yang penuh dengan kepedulian dan kecerdasan pada peradaban.

Apakah ada sisi manipulatif disini? BIG NO. Denny JA tulus peduli pada peradaban membaca buku. Pada kebutuhan masyarakat umum akan buku-buku berkualitas. Pada kenyataan di lapangan bahwa itu semua tidak bisa didapatkan secara gratis dan kini ia jawab dengan Gerakan Cinta Buku yang memberikan semua ini dengan Gratis. Adakah gerakan ini akan meruang dan mewaktu seiring perkembangan didalamnya? Saya yakin IYA. sebab sejauh saya mengenalnya, Denny JA tak pernah setengah-setengah, dan tak pernah main-main.

Jadi, mari siapkan diri kita untuk kembali bisa membaca buku lagi, mencari ragam buku yang selama ini ingin kita baca namun sulit mendapatkannya, dan bergabung dalam komunitas pecinta buku untuk bisa ikut diskusi dan banyak kegiatan lain didalamnya.

Terimakasih pak. Selalu bapak membuat saya takjub dengan segala gerakan-gerakan hebatnya. Semoga Bapak terus sehat, dan terus bisa menginspirasi.

Penulis: Rahmi Isriana

Komentar

News Feed