oleh

Cak Nur: Narkoba adalah Penjajah Tanpa Wajah

Sidoarjo, Akuratnews.com – Narkoba (narkotika dan obat/bahan berbahaya) adalah penjajah tanpa wajah. Pasalnya, dampak yang ditimbulkan, akibat penyalahgunaan narkoba ini sangat luar biasa.

Hal itu dikemukakan Wakil Bupati Sidoarjo, juga sebagai pelaksana tugas dan wewenang Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, akrab disapa Cak Nur, saat menjadi pembina upacara di SMP Yayasan Pendidikan Ma’arif (YPM) 1 Taman, Sidoarjo, Senin (3/2/2020).

“Penyalahgunaan narkoba itu kejahatan luar biasa. Karenanya, saya minta jauhi narkoba dan berani menolak dengan berkata tidak,” katanya mengingatkan.

Tak hanya itu, Cak Nur juga mengungkapkan fenomena maraknya penyalahgunaan obat terlarang dan perilaku menyimpang di kalangan pelajar.

“Mereka menelan pil dobel L, alias pil koplo, dibilang harganya lebih murah. Lalu, perilaku menyimpang, berupa menghirup lem atau bensin yang mengandung zat adiktif. Meski, keduanya itu bukan tergolong narkoba, tapi amat membahayakan tubuh,” ujarnya.

Selanjutnya, Cak Nur memberikan solusi untuk mencegah masuknya penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah.

“Jalin komunikasi terpadu antarsiswa, guru dan orangtua/walimurid, serta memberdayakan satgas sekolah sebagai upaya pencegahan peredaran narkoba di kawasan sekolah,” pesannya.

Kehadiran Cak Nur di SMP YPM 1 Taman, Sidoarjo itu, atas undangan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Sidoarjo. Karenanya, dia tidak datang sendiri, melainkan didampingi Ketua BNN Sidoarjo, AKBP Tony Sugianto dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Sidoarjo, H. Asrofi. (Wachid)

 

Komentar

News Feed