oleh

Berkat Bantuan DQ, Warga Probolinggo Sukses Kembangbiakkan Kambing Etawa Hingga Puluhan Ekor

Probolinggo, Akuratnews.com – Terpilih sebagai penerima bantuan program Dompet Quran Indonesia (DQ), warga Kabupaten Probolinggo ini mendapatkan kambing Etawa untuk dikembangbiakkan. Rupanya, berkat bantuan DQ, membuahkan hasil yang membanggakan. Semula tiga, tak lama kemudian bertambah menjadi puluhan ekor.

Warga Kabupaten Probolinggo yang terpilih itu Abdul Wahab dan Abdurrahman. Keduanya adalah warga Desa Tambelang, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Abdul Wahab dan Abdurrahman telah dipilih untuk menerima bantuan program pemberdayaan masyarakat ‘Economy Care’ yang dicanangkan DQ. Nah, kedua warga ini, selain diberikan bantuan hewan ternak berupa induk kambing Etawa tiga ekor, juga pendampingan (pembinaan dan pemantauan) dari DQ terkait proses pengembangbiakan dan pengembangan usahanya.

“Berkat bantuan dan binaan dari DQ, saya berhasil mengembangbiakkan ternak kambing Etawa, dari tiga menjadi 21 ekor,” ungkap Abdul Wahab.

Hal serupa, juga dikemukakan Abdurrahman. Dia merasa terbantu dengan adanya program DQ ini.

“Kambing Etawa tiga ekor yang diberikan DQ, setelah saya kembangbiakkan dengan pendampingan DQ, kini, jadi 12 ekor. Juga, dari hasil usaha ini, saya mendapatkan Rp60 ribu perhari,” ujar Abdurrahman.

Sementara itu, Ahmad (Tim Pemberdayaan) didampingi Rio (Donatur) dari DQ Probolinggo pada Akuratnews.com, Jumat (20/3/2020), menjelaskan, alasan DQ memberikan bantuan kambing Etawa, karena hewan ternak jenis ini lebih menguntungkan. Yakni, memiliki nilai jual tinggi dan permintaan cukup besar, serta mampu menghasilkan susu hingga tiga liter perhari.

“Tentu, melihat keberhasilan Abdul Wahab dan Abdurrahman dalam ‘Economy Care’ ini, DQ Probolinggo semakin mantap melakukan pendampingan dan meningkatkan kinerja program pemberdayaan masyarakat ini,” sambung Ahmad. (Wachid)

Komentar

News Feed